Etanol atau bisa disebut dengan alkohol maupun Etil alkohol merupakan cairan berwarna bening dan menjadi bahan inti untuk membuat minuman seperti wine atau bir. Disamping itu, Etil alkohol juga dipakai dalam produk sehari-hari misalnya untuk kosmetik, bahan bakar, cat dan larutan disinfektan.

Etil alkohol merupakan bahan alami yang dapat diperoleh dari fermentasi tumbuhan. Etil Alkohol Indonesia yang biasanya dipakai untuk berbagai produk dalam negeri dibuat dari fermentasi tebu dengan purity minimum 96%. Selain itu, komponen tersebut juga bisa diproduksi melalui hidrasi etilen. Etil alkohol berbeda dengan methanol yang merupakan jenis dari alkohol lainnya namun lebih berbahaya bagi kesehatan.

Fungsi Etil alkohol

Etanol banyak dimanfaatkan sebagai campuran pada produk rumah tangga hingga bahan bakan yang kerap dipakai sehari-hari. Berikut sejumlah fungsi dari Etil alkohol yang perlu Anda ketahui.

  1. Campuran kosmetik
    Etanol merupakan salah satu bahan yang umum dipakai dalam pembuatan kosmetik atau produk kecantikan lain. Beberapa contoh produk kecantikan yang umum mengandung Etil alkohol adalah :
    - Astringen. Produk kecantikan ini umumnya dimanfaatkan untuk membersihkan kulit terutama dari sisa-sisa make up.
    - Lotion. Pada produk handbody lotion ini, etanol dimanfaatkan sebagai bahan pengawet serta untuk menjaga berbagai bahan agar tetap menyatu.
    - Hairspray. Etil alkohol menjadikan hairspray melekat sempurna pada rambut.
  2. Sebagai tambahan pada produk rumah tangga
    Etil alkohol banyak dipakai pada berbagai produk rumah tangga misalnya cat serta pembersih rumah. Hal ini karena senyawa kimia etanol dapat dengan mudah tercampur dengan air ataupun bahan organic yang lain. Pada produk pembersih rumah, Etil alkohol juga dipilih untuk pengawet karena dianggap aman serta ampuh dalam membunuh organisme berbahaya.
  3. Penyedap rasa makanan
    Sebab memiliki kemampuan dalam meningkatkan rasa untuk ekstrak makanan, etanol ternyata juga umum dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada sejumlah produk makanan. Etanol juga dapat membantu meratakan struktur warna makanan.
  4. Sebagai bahan bakar
    Sekitar 97% bahan bakar di AMerika Serikat mengandung etanol. Hal ini karena etanol dapat membantu oksidasi bahan bakar serta mengurangi polusi udara. Bahkan, lebih dari 20% mobil di Negara Brazil memakai bahan bakar Etil alkohol.
  5. Sebagai campuran obat dan bahan sterilisasi
    Dalam dunia medis, Etil alkohol sering dipakai sebagai bahan untuk mensterilkan atau membersihkan permukaan benda misalnya meja dan kursi. Etil Alkohol Indonesia juga dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan hand sanitizer sebab etanol sangat efektif untuk membunuh mikroorganisme seperti virus, jamur dan bakteri. Disamping itu, jenis alkohol yang satu ini juga bisa dipakai sebagai pengawet ataupun pelarut pada obat.
  6. Pembersih luka serta peralatan medis
    Etanol bersifat sebagai antiseptic yang mana dapat membunuh jamur, bakteri dan mikroorganisme. Sifat ini memungkinkan para pemakainya untuk membersihkan luka dengan baik. Alhasil, bakteri berbahaya yang mungkin ada bisa mati dan tidak mengakibatkan infeksi atau luka yang lebih parah. Peralatan medis, terutama yang digunakan pada proses operasi memerlukan bahan sanitasi ampuh untuk mensterilkannya dan etanol mempunyai peran penting dalam hal tersebut.
  7. Bahan pelarut
    Etanol juga memiliki sifat mampu melarutkan berbagai jenis zat. Sifat ini mirip seperti pelarut air dan menjadikannya bisa dimanfaatkan sebagai pelarut universal dalam berbagai campuran, baik di dunia industri atau laboratorium.

Apakah etanol berbahaya bagi kesehatan manusia?

Jawabannya ya. Etanol dapat membahayakan kesehatan manusia jika dipakai tanpa mematuhi instruksi. Bahaya penggunaan etanol terhadap kesehatan manusia mungkin bisa terjadi akibat paparan jangka pendek atau jangka panjang.

  1. Bahaya etanol karena paparan jangka pendek Etanol yang terkandung dalam produk kecantikan maupun barang rumah tangga yang lain memang sudah melalui proses pengolahan dan dosisnya dijaga dengan ketat agar aman digunakan. Akan tetapi, jika bahan tersebut kemudian digunakan tidak berdasarkan aturan yang ditentukan, beberapa efek samping mungkin terjadi sebagaimana berikut ini.
    - Jika mengenai mata dapat mengakibatkan mata sakit, merah dan terasa seperti terbakar
    - Jika mengenai kulit secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi, kemerahan dan kulit kering
    - Jika terhirup dapat mengakibatkan batuk, mengantuk, sakit kepala dan lemas. Jika mengalami keracunan berat, etanol dapat mengakibatkan gagal napas.
    - Jika tertelan secara berlebihan dapat mengakibatkan rasa terbakar di saluran cerna, rasa bingung, sakit kepala, kehilangan kesadaran, hipoglikemia, mual muntah serta gangguan keseimbangan asam dan basa.
  2. Bahaya etanol karena paparan jangka panjang Sementara itu, bagi orang yang memakai etanol dalam jangka panjang tanpa mematuhi aturan, berikut beberapa resiko efek samping yang mungkin terjadi :
    - Jika terhirup terus menerus, etanol dapat mengakibatkan gangguan saluran pernapasan atas
    - Apabila kulit terpapar etanol terlalu lama, lapisan lemak pada kulit dapat hilang.
    - Konsumsi etanol secara berlebihan dan terus menerus bisa mengakibatkan keracunan hati, sirosis hati, gangguan pembekuan darah, perdarahan organ dalam, gangguan jantung, perdarahan saluran cerna dan kerusakan saraf.

Mencegah paparan ethanol

Setelah mengetahui bahwa Etil alkohol dapat diolah menjadi alkohol ataupuin produk lain, penting bagi kita untuk memahami bagaimana cara yang aman agar terhindar dari paparan zat tersebut. Paparan alkohol dapat terjadi melalui inhalasi, menelan dan kontak dengan kulit. Kondisi tersebut sangat serius dan jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan bahaya.

Saat harus memakai etanol secara langsung, ada baiknya Anda memakai pelindung pernapasan, sarung tangan karet, sepatu boots, overall, apron khusus industry, face shield dan kacamata pengaman. Lantas, apa yang perlu dilakukan saat terpapar etanol secara tidak sengaja?

  1. Inhalasi
    Saat tanpa sengaja Anda menghirup etanol maka segera cari tempat yang memiliki ventilasi baik supaya dapat memperoleh udara segar. Disamping itu, hubungi tenaga medis agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  2. Kontak kulit
    Orang yang terpapar bahan ini melalui kontak kulit wajib segera mencucinya sampai bersih dengan sabun dan air hangat. Apabila iritasi tetap terjadi, segera cari bantuan medis.
  3. Kontak dengan mata
    Jika tidak sengaja terkena cipratan etanol maka harus ditangani dengan membasuh bagian mata minimal selama 15 m tanpa berhenti. Hubungi juga tenaga medis terdekat.
  4. Tertelan
    Apabila tertelan maka segera ambil posisi berbaring serta hubungi tenaga medis. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi apapun sebab dapat menyebabkan dampak yang lebih buruk. Tidak disarankan pula untuk memaksa agar muntah sebab dapat berbahaya. Menyimpan etanol juga tidak boleh sembarangan sebab sifatnya korosif. Disarankan untuk menyimpannya ditempat berbahan stainless steel sebab tidak rentan terhadap korosi.

Tips membeli Etil Alkohol Indonesia

Alkohol yang memiliki sifat unik dengan aroma yang tidak menyengat sangat cocok untuk tambahan parfum, sebab tidak mengganggu aroma wangi asli pada bibit parfum. Bisa juga dipakai untuk tambahan pada makanan, minuman dan lainnya. Alkohol yang aman digunakan sebagai campuran pada hand sanitizer adalah isopropyl alkohol dan etanol.

Etanol menjadi satu-satunya jenis alkohol yang aman diminum dengan syarat tidak terkontaminasi serta tidak diubah sifatnya.

Semua jenis alkohol mempunyai sifat menyerap pada kulit. Adapun methanol adalah alkoloh beracun yang dapat mengakibatkan kerusakan sistem saraf serta organ bahkan bisa memicu kanker karena memiliki sifat karsinogenik.

Umumnya, methanol dipakai di laboratorium untuk pelarut, aditif bahan bakar dan anti beku. Biasanya juga sering dipakai sebagai pelarut cat sebab merupakan alkohol yang paling paling dalam melarutkan.

Isopropyl alkohol sering digunakan sebagai alkohol oles serta dicampurkan sebagai produk pembersih tangan. Bahan ini memiliki sifat menguap dengan cepat dari kulit dan menambah sensasi dingin. Walaupun aman digunakan untuk kulit, bahan ini tidak dianjurkan untuk diminum layaknya etanol.

Dengan demikian, kandungan yang dapat dipakai untuk produk hand sanitizer, kosmetik atau bahan lainnya hanya etanol. Hati-hati dalam membeli produk dan lebih jeli lagi dalam melihat label komposisi yang tertera.
Salah satu Produsen Etil Alkohol terpercaya adalah Karsavicta Satya yang menjual produk-produk asli tanpa campuran bahan lain. Produsen Penjualan Etil Alkohol ini menyediakan alkohol hasil fermentasi tumbuhan alami dengan purity 96% yang menjadi rekomendasi terbaik pada produk yang menggunakan tambahan alkohol.

Mengenal Lebih Lanjut mengenai Produsen Etil Alkohol

Bagi Anda yang membutuhkan alkohol terbaik dengan terjamin kualitasnnya maka Anda bisa segera menghubungi Produsen Etil Alkohol terpercaya Karsavicta Satya sekarang juga dan dapatkan pelayanan terbaik dalam setiap pembeliannya.

Yang perlu diingat adalah Etil alkohol memang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Namun, bahan ini harus dipakai sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan dalam batas normal untuk mencegah berbagai resiko efek samping berbahaya yang dapat menyerang kesehatan.