Etil alkohol saat ini menjadi salah satu bahan yang paling banyak dicari. Ya, di masa pandemi saat ini keberadaan etil alkohol menjadi barang yang penting. Hal ini tak lain karena etil alkohol atau etanol adalah bahan utama pembuatan antiseptik atau hand sanitizer. Tingginya minat terhadap etanol inipun menjadikan banyak distributor etil alkohol. Meski begitu diantara banyak distributor etil alkohol di Indonesia, hanya satu yang kami rekomendasikan yakni Karsavicta Satya.

Semakin tingginya permintaan akan etil alkohol, maka kemungkinan akan semakin banyak pula distributor etil alkohol di berbagai kawasan di Indonesia. Namun jangan salah pilih karena hanya Karsavicta Satyalah distributor etil alkohol terbesar dan terpercaya di Indonesia. Karsavicta Satya telah menjadi salah satu pemasok etil alkohol paling lama di Indonesia sejak tahun 1970. Jadi pastinya sudah tidak diragukan lagi untuk kinerjanya.

Terlepas dari hal itu, bagi Anda yang mungkin masih awam, tentu bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan etil alkohol dan apa saja fungsinya dalam kegiatan sehari-hari. Dibawah ini akan kami berikan ulasan singkat tentang hal tersebut.

Apa itu Etil Alkohol?

Etil alkohol atau juga dikenal dengan sebutan etanol, alkohol absolut, atau alkohol murni merupakan cairan sejenis alkohol yang mudah terbakar, mudah menguap, tidak memiliki warna dan ini adalah salah satu jenis alkohol yang paling sering digunakan dalam keseharian. Banyak produk yang menggunakan etanol sebagai bahan dasarnya mulai dari produk minuman beralkohol, produk kosmetik, dan juga produk larutan pembersih.

Etanol sendiri termasuk kategori obat psikoaktif, serta berbeda dari metanol yang cenderung lebih beracun dan lebih berbahaya.

Etanol atau etil alkohol ini termasuk kategori bahan alami yang didapatkan dari fermentasi tumbuhan. Tak hanya itu, senyawa ini juga bisa diproduksi dari hidrasi etilen. Berbeda dari metanol atau jenis alkohol lainnya yang bisa berbahaya bagi kesehatan, etanol justru sebaliknya karena memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah untuk masalah dosis penggunaannya, dosis etanol bisa lebih tinggi daripada metanol atau jenis alkohol lainnya.

Meski begitu jika penggunaannya tidak sesuai dengan prosedur tentu saja tetap akan ada efek samping atau risiko yang merugikan bagi kesehatan.

Macam-Macam Fungsi Etil Alkohol

Etanol sering digunakan sebagai bahan campuran produk rumah tangga dan juga bahan bakar. Dibawah ini beberapa fungsi dari etanol yang paling sering ditemukan dalam produk sehari-hari:

  1. Campuran bahan kosmetik Cairan etanol ini seringkali digunakan sebagai bahan baku kosmetik. Beberapa jenis produk kecantikan yang menggunakan cairan ini antara lain:
    - Astringen. Ini adalah larutan yang biasanya digunakan dalam produk pembersih kulit. Fungsi dari astringen ini sendiri untuk menghambat produksi minyak berlebih dan juga untuk mengecilkan pori-pori.
    - Losion. Beberapa jenis losion menggunakan etanol sebagai bahan pengawet untuk menjaga agar komposisi bahan dari losion tetap menyatu.
    - Hairspray. Produk kecantikan satu ini dibuat untuk membuat agar rambut tetap rapi. Fungsi etanol dalam produk ini untuk melekatkan hairspray ke rambut dengan baik.
    - Campuran parfum atau splash cologne. Etil alkohol juga sering ditemukan dalam produk parfum atau splash cologne. Fungsinya sebagai pengencer sekaligus dapat membuat minyak essence parfum memendar lebih cepat sehingga menimbulkan bau harum yang lebih dari seharusnya.
  2. Tambahan pada produk rumah tangga
    Etanol juga sering digunakan sebagai campuran beragam produk rumah tangga seperti pembersih rumah dan juga cat. Salah satu alasannya karena etanol adalah senyawa kimia yang cukup mudah bercampur dengan bahan organik lainnya, khususnya air. Etanol seringkali berfungsi sebagai pengawet pada produk pembersih rumah tangga karena sifatnya yang mampu membunuh organisme berbahaya yang merusak produk tersebut.
  3. Sebagai handsanitizer, antiseptik atau sterilisasi
    Etanol juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan utama pembuatan hand sanitizer. Alkohol atau etanol 70% sangat direkomendasikan untuk membersihkan luka, membersihkan alat medis dan juga sebagai antiseptik. Hal ini karena etanol sangat efektif untuk menghambat perkembangan mikroorganisme dan bahkan membunuh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri dan virus.
  4. Penyedap makanan
    Dalam industry makanan, etanol juga sering digunakan. Etanol sering ditambahkan karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa ekstrak makanan, serta mampu membantu meratakan warna makanan. Meskipun dicampurkan dalam produk makanan, namun etanol ini cenderung aman asalkan tetap pada dosis yang dianjurkan.
  5. Bahan bakar
    Penggunaan etanol sebagai bahan bakar sangat mudah ditemukan di Amerika Serikat. Di sana mayoritas bahan bakar, kisaran 97%nya, telah menggunakan etanol. Hal ini disebabkan karena etanol mampu membantu mengurangi polusi dan juga membantu untuk mengoksidasi bahan bakar.
  6. Campuran obat
    Etanol memiliki fungsi yang mudah bercampur dengan bahan organik sehingga sering digunakan sebagai bahan pengawet dan juga pelarut dalam obat.

Apakah Etanol Berbahaya Bagi Manusia?

Pertanyaan ini sering ditanyakan untuk mereka yang telah menghubungi distributor etil alkohol, dan jawabannya adalah ‘bisa saja’. Ya, jika etanol digunakan dengan tidak tepat atau tidak sesuai instruksi, maka bisa dipastikan jika ini akan membahayakan kesehatan. Adapun efek yang ditimbulkan juga beragam, bisa jangka pendek atau jangka panjang. Berikut ulasannya:

  1. Efek jangka pendek yang ditimbulkan dari etanol Untuk penggunaan etanol untuk produk kecantikan dan juga barang kebutuhan rumah tangga dosisnya sangat dijaga dengan ketat. Jadi bisa dikatakan jika produk-produk yang menggunakan etanol ini aman untuk digunakan. Namun, hal ini akan berbeda jika produk tersebut digunakan tidak sebagaimana mestinya atau melebihi anjuran yang disarankan. Jika hal itu terjadi maka beberapa risiko jangka pendek seperti dibawah ini bisa saja terjadi pada Anda:
    - Produk yang mengandung etanol jika terkena mata bisa menyebabkan mata menjadi sakit, merah serta terasa terbakar
    - Jika terkena kulit secara berlebihan mampu menyebabkan kulit menjadi kemerahan, kering atau iritasi. Khususnya untuk mereka yang memiliki masalah kulit sensitive.
    - Jika produk ini terhirup dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti mengantuk, sakit kepala, batuk dan lemas. Jika dosis yang terhidup cukup banyak maka bisa menimbulkan keracunan berat yang mampu menyebabkan gagal nafas.
    - Jika tertelan berlebihan maka akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti pusing, bingung, mual, sakit kepala, muntah, dan hipoglikemia.
  2. Efek jangka panjang yang ditimbulkan dari etanol
    Selain efek jangka pendek, penggunaan etanol dalam dosis berlebih dalam jangka waktu yang lama juga bisa berisiko memunculkan efek samping seperti;
    - Gangguan pada saluran pernafasan jika terhirup terus-menerus
    - Lapisan lemak pada kulit bisa menghilang jika terpapar etanol terus menerus
    - Mampu menyebabkan keracunan hati, sirosis hati, perdarahan pada organ dalam, gangguan jantung, kerusakan saraf dan perdarahan pada saluran pencernaan jika dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah yang berlebihan.

Karsavicta Satya sebagai distributor etil alkohol terbaik di Indonesia

Karsavicta Satya telah menjadi salah satu perusahaan pertama yang mengoperasikan atau mendistribusikan bahan kimia modern khususnya etanol pada para penggunanya. Karsivicta secara rutin juga mendistribusikan ke pabrik besar yang memproduksi hand sanitizer, body splash cologne dan juga untuk ekstrak makanan.

Dari waktu ke waktu Karsavicta Satya memperluas jangkauannya, tak hanya menjadi distributor etil alkohol Jakarta saja, namun saat ini telah meluas hingga ke seluruh Indonesia. Untuk bisa mencapai hal ini tentu saja dibutukan teknologi yang mutakhir dan peralatan peti kemas yang canggih pula.

Karsavicta Satya juga didukung dengan tim yang telah terlatih dalam memberikan informasi yang akurat kepada para pelanggannya terkait dengan beragam kebijakan pemerintah terkait undang-undang yang memengaruhi industry kimia.

Untuk masalah pengiriman, Anda tidak perlu ragu atau khawatir. Karsavicta Satya memiliki armada modern yang khusus digunakan untuk mengangkut bahan kimia ini. Pengangkutan menggunakan truk tangki stainless steel dengan cairan etanol yang sebelumnya dikemas terlebih dulu dalam drum. Kami jamin keamanan, kecepatan dan juga keefisienan dalam pendistribusian.

Kami juga memiliki fasilitas berupa pabrik yang berlokasi di Jawa Barat dan Jawa Timur yang mampu menampung hingga 15 juta liter produk setiap harinya. Banyaknya etanol yang kami distribusikan setiap hari ini tentu untuk memastikan kontuinitas pasokan keseluruh pelanggan di Indonesia.

Dan yang paling penting, semua fasilitas yang ada di distributor etil alkohol Karsavicta Satya ini didukung dengan prosedur serta praktik keamanan dan tingkat keselamatan yang komprehensif.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut terkait dengan distributor etil alkohol Karsavicta Satya, Anda bisa menghubungi kami langsung baik lewat email atau kontak nomor telepon yang ada pada laman website resmi kami.

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi terlebih dulu terkait dengan pengiriman atau hal lain terkait etil alkohol ini, Kamu juga membuka line konsultasi. Customer Service Kami akan merespon Anda dengan cepat di jam-jam kerja. Segera hubungi Kami untuk mengetahui bagaimana prosedurnya!